Senin, 05 Juli 2010

Catur,Sogi dan Pai Sho




Catur

Siapa sih yang nggak tau permainan ini ? Meskipun tidak bisa bermain catur tapi pasti tau dong catur.Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.

Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah.

Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.

Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.

Bentuk-bentuk catur pun kini di modifikasi sperti catur disamping ,catur coco cola .












Sogi


Shogi

atau catur Jepang adalah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Permainan ini diperkirakan berasal dari permainan India kuno yang disebut chaturanga, dan termasuk dalam permainan papan berstrategi yang sekelompok dengan catur, janggi dari Korea, dan xiangqi dari Cina. Di seluruh dunia, shogi diperkirakan menempati urutan ketiga dalam jumlah pemain setelah catur dan xiangqi.

Ciri khas shogi yang sangat membedakannya dari catur adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Buah lawan yang tertangkap menjadi milik pihak yang menangkap, dan dapat diletakkan kembali di atas papan untuk memerangi mantan majikan.

Kedua belah sisi yang bermain dibedakan menjadi sente dan gote Pemain sente memainkan langkah pertama, diikuti pemain gote, begitu seterusnya secara bergantian hingga selesai. Sama halnya dengan catur, permainan ini dimenangkan setelah mematikan raja lawan (mencapai posisi skak mat). Dalam istilah shogi, skak mat disebut tsumi (Dengan adanya sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap, kemungkinan remis adalah sangat kecil.

Peralatan

Papan permainan bergaris-garis 9 lajur dan 9 baris. Kotak permainan tidak dibedakan dengan tanda atau warna. Di sisi kanan masing-masing pemain pemain terdapat tempat buah shogi (komadai) untuk meletakkan buah lawan yang sudah ditangkap.

Buah shogi berbentuk segi lima dengan ujung lancip di bagian depan yang dipakai untuk membedakan lawan atau kawan. Bagian depan yang berujung lancip diletakkan menghadap ke arah wilayah lawan. Buah pion sering dibuat lebih kecil. Buah shogi tidak dibedakan dengan warna, melainkan dengan pangkat yang ditulis dengan aksara kanji di atas permukaan buah permainan. Selain buah raja dan jenderal emas, setiap buah shogi memiliki dua pangkat yang berbeda di kedua belah sisi. Pangkat ditulis di permukaan buah permainan dengan memakai tinta hitam. Pemain amatir sering memainkan buah shogi yang salah satu permukaannya ditulis dengan tinta merah untuk menunjukkan kenaikan pangkat.

Setiap pemain diberi satu set buah shogi yang berjumlah 20 buah. Sebagian dari pangkat setara dengan pangkat dalam catur (benteng, kuda, gajah. pion), namun shogi tidak memiliki ratu (queen). Berikut ini adalah delapan jenis buah shogi, dari urutan yang terkuat hingga terlemah:

1 raja (玉将, gyakushō atau ōshō?)

1 benteng (飛車, hisha?)

1 menteri (角行, kakugyō?)

2 jenderal emas (金将, kinshō?)

2 jenderal perak (銀将, ginshō?)

2 ksatria/kuda (桂馬, keima?)

2 tombak (香車, kyōsha?)

9 pion/prajurit (歩兵, fuhyō?)

Semua nama di atas bukanlah terjemahan resmi, melainkan terjemahan harfiah dengan nama yang setara dengan nama buah catur internasional.

Dalam perangkat lunak untuk bermain shogi, buah shogi milik sente berada di layar bagian bawah. Dalam notasi shogi,. sistem operasi memiliki dua lambang untuk melambangkan sente dan untuk gote.


Pai Sho

Pai Sho adalah permainan kuno yang membentang di popularitas di antara banyak negara. Tidak diketahui mana Pai Sho Asalnya, karena semua dari empat negara menyatakan bahwa itu berasal dari negara masing-masing, penamaan desa tertentu dan orang-orang sejarah sebagai pencetus atau reformis utama apa yang akhirnya dikenal sebagai Pai Sho. Penyebutan pertama Pai Sho dalam menulis adalah sekitar -850 dalam buku sejarah bangsa api. Lebih dari tulisan-tulisan 1000 tahun ke depan lebih muncul dalam jumlah yang lebih besar sepanjang empat negara.
Pai Sho dimainkan di kuil udara, dan dimainkan di istana raja bumi, suku air desa-desa dan kota-kota bangsa api dan di negara tongkang api perang. Pai Sho agak terinspirasi oleh oriental mengatur bunga (Ikebana). Permainan ini biasanya dimainkan dengan dua pemain, meskipun jumlah yang lebih besar bisa bermain.
Arkeolog menemukan Pai Sho papan, potongan dan diagram di sebuah kuil udara kuno dan memiliki potongan bersama yang "hilang" Pai Sho variasi disebut Tei Setsu Pai Sho (Kuil Udara Pai Sho). Permainan ini dimainkan di alun-alun, tetapi tidak diketahui apakah ini adalah permainan yang asli, atau varian yang dibawa dari salah satu negara lain, klik Tei Setsu Pai Sho untuk lebih jelasnya.

1 komentar: